Antivirus untuk android perlu atau tidak ?

guardDi era yang penuh dengan teknologi saat ini, tentunya tidak lepas dari yang namanya internet. Selain internet adalah sumber informasi yang beragam, internet juga merupakan sumber bencana yang di ciptakan oleh pembuatnya alias manusia. Berbagai ancaman dapat menimbulkan kerugian bagi pengguna internet. salah satunya adalah virus.

seperti yang kita tau bahwa virus yang menjangkit sebuah sistem operasi windows telah banyak memakan korban. Selain merusak sistem dan kinerja komputer itu sendiri, juga dapat membahayakan file file penting yang ada di dalamnya.

Terdengar kabar bahwa virus juga telah berhasil menembus sistem operasi linux, namun tidak banyak yang tau kabar itu benar atau tidak. Kita tau juga bahwa smartphone android kita menggunakan sistem operasi berbasis linux. Banyak yang mengatakan linux adalah sistem operasi aman yang bebas virus, artinya android kita juga termasuk. Namun kenapa devloper masih membuat antivirus untuk android ini ?

Pada dasarnya penggunaan antivirus untuk  android jarang sekali di gunakan, karna hingga saat ini ancaman virus terhadap sistem operasi android sangatlah minim. Namun untuk meminimalisir pihak pihak tidak bertanggungjawab yang mampu me retes atau me-monitor setiap aktivitas kita pada sebuah smartphone android, antivirus merupakan pilihan.

beberapa keuntungan menggunakan antivirus untuk smartphone adalah sebagai berkut :

  • Security app, memungkinkan antivirus untuk memindai setiap aplikasi yang terinstall di android anda.
  • Real Time Protection, antivirus akan membentengi anda dari aktivitas mencurigakan sebuah aplikasi, terutama saat kita terhubung internet.
  • Wifi security, Melindungi anda dari wifi yang tidak ter-enkripsi (password)  karna open wifi memungkinkan adanya pihak tidak bertanggung jawab yang mampu mengetahui segala aktivitas android anda.
  • Anti-theft, Merupakan fitur dimana berguna untuk menghindari android anda hilang atau di curi, pada dasarnya menggunakan akun backup dan lokasi terahir hp anda berada (biasanya harus terhubung ke internet dan GPS aktif)
  • App lock, Akan mengunci aplikasi yang anda tentukan sehingga saat membuka apliaksi tersebut perlu memasukan pin atau pattern tertentu.

Penting, Untuk pengguna android normal, antivirus lebih berfungsi untuk melindungi privacy anda namun bagi pengguna android gila, (biasanya developer atau hp yang sudah di root), penggunaan antivirus bisa saja evektif mengingat ketika andorid sudah di root, akun super-user terbuka dan mampu memberikan akses mudah bagi siapapun untuk memasuki sistem dan mengubah ataupun menghapusnya. Oleh karnanya aplikasi SuperSU perlu di gunakan untuk memberikan hak akses menggunakan super-user.

Selebihnya itu tergantung diri kita masing masing, kalo saya tidak pernah menggunakan antivirus karna memang tidak terlalu evektif serta lebih banyak menghabiskan daya battery, sama halnya dengan battery saver dan sejenisnya 😀 Semoga bermanfaat 🙂

One thought on “Antivirus untuk android perlu atau tidak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.