Bahaya penggunaan Power Bank berlebihan pada smartphone

919b6e77-d574-4e08-9e94-7f32c3a2d824Siapa yang tak kenal power-bank ? Merupakan sebuah menyedia sumber daya portable yang efisien dan mudah di bawa kemana saja. Namun di balik keunggulan dari powerbank yang umum di gunakan para pengguna android ini ternyata memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa merugikan pengguna powerbank itu sendiri.

Penggunaan powerbank dalam jangka pendek memang tidak memiliki efek apapun, namun penggunaan jangka panjang bisa saja dapat merugikan atau lebih buruknya lagi dapat merusak battery. Nah apa saja bahaya dan cara penanggulangan nya ? berikut ini penjelasanya.

  1. Powerbank Ori (Asli)

dalam beberapa kasus ada powerbank yang sengaja di buat tidak sesuai dengan spesifikasi. misalkan powerbank dengan battery sell lebih dari satu. Biasanya powerbank berdaya besar. Namun setelah di bongkar battery cell hanya satu yang asli dan sisanya hanya berisi pasir. Nah disini kejelian pembeli dalam memilih powebank perlu di perhatikan. Memilih powerbank dengan merek terkenal dan sudah di percaya banyank pengguna menjadi solusinya. Memang memiliki kisaran harga yang relatif mahal namun jika di bandingkan dengan kerugianya akan sangat menguntungkan.

2. Penggunaan seperlunya saja

Dalam kondisi tertentu kita sangat tergantung pada sebuah power bank agar pensel kita tetap hidup. Namun tidak selalu atau setiap hari kita menggunakan power bank. Menurut penulis, penggunaan powerbank yang baik adalah MAKSIMAL dua kali dalam seminggu (Full charge). Melebihi itu akan menimbulkan dampak tersendiri dalam jangka panjang. Beberapa dampaknya antara lain :

  • Pengisian daya yang lambat.
  • Kerusakan pada AC di hp.
  • kapasitas daya battery berkurang.
  • battery lebih cepat habis.
  • Battery bocor.

3. Menggunakan output pada powerbank yang sesuai dengan AC pada HP.

Pada gambar di atas terdapat dua USB output yaitu 1.0 A dan 2.1 A (A= Ampere). Apa bedanya ? bedanya adalah seberapa besar arus yang mampu di keluarkan oleh powerbank ke USB menuju hp kita. Pada beberapa kasus, ada yang berpendapat kedua lubang USB ini sama saja, namun sebenarnya dari pihak pembuat powerbank ini sudah di beri petunjuk. 1.0 A untuk hp yang mampu menerima arus maksimal 1.0 A saja, dan 2.1 A untuk hp yang mampu nemerima arus sebesar 2.1 A. Apa yang terjadi jika salah menancapkan ?

  • Pada hp yang hanya mampu menerima arus 1.0 A saja, namun USB menancap pada powerbank memiliki arus 2.1 A maka yang diterima oleh battery hp hanya 1.0 A saja, sisanya terbuang. Pemberian arus yang berlebihan akan merusak AC pada hp yang menimbulkan beberapa masalah seperti battery cepat panas sampai kerusakan pada AC yang membuathp tidak bisa di carge lagi.
  • Pada hp yang mampu menerima arus 2.1 A namun menancap pada powerbank ber-arus 1.0 A efeknya tidak terlalu signifikan, pada umumnya hp hanya akan memerlukan proses pengisian dengan waktu lebih lama karna hanya menerima daya 1.0 A saja. (Seperti pengisian daya pada USB Ke komputer / laptop yang hanya memiliki arus 1.0 A.)

Nah itulah beberapa penjelasan bagaimana penggunaan powerbank yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga pengguna powerbank lebih tau kebijakan dalam menggunakanya. terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.