Mengenal Panel-panel dasar VirtualDJ Untuk Pemula

virtualdjBagi anda pecinta music DJ, tentu tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini, VirtualDJ. Sebuah aplikasi yang memungkinkan anda me-remix lagu dan memberi efek efek tertenu layaknya seorang DJ sungguhan. VirtualDJ memang di rancang khusus bagi anda yang ingin melakukan jokie lagu sesuka hati dengan gambaran dek dek seperti alat DJ sungguhan.

vrt

Nah untuk para newbe yang masih baru dalam hal DJ (seperti saya) dan ingin praktek dengan virtualDJ tentu akan sangat membingungkan. Nah beberapa hal yang perlu anda ketahui lebih dulu sebelum menggunakan aplikasi ini adalah panel panel yang akan berguna membantu anda untuk melakukan mix mix lagu sederhana. Nah apa saja kira kira yang perlu di ketahui, berikut penjelasanya :

1

Disini saya menggunakan skin virtualDJ yang lebih mudah di pahami dan panel panelnya mudah di raih oleh mouse / touchpad. Untuk skin nya bisa download di bagian bawah postingan ini.

Nah pada gambar di atas merupakan panel primary untuk mengetahui bit bit lagu yang akan berjalan saat music di play. Pada gambar terdapat dua lagu yang di LOAD, lagu pertama (deck 1) berwarna biru dan yang kedua (deck 2) berwarna merah.

  • Loop position, memungkinkan anda mengulang (looping) beberapa menit lagu dengan panjang yang dapat di sesuaikan (half/double). Untuk lebih jelasnya silahkan di coba sendiri.
  • Loop on/off, mengaktifkan efek loop (pengulangan).
  • Loop lenght, adalah panjang pengulangan, seberapa panjang anda akan mengulang bagian lagu.bisa juga menggunakan half / double itu tadi.

2

  • Tempo, pada bagian pojok atas kanan dan kiri terdapat panel untuk menyesuaikan tempo lagu. Geser ke kanan atau ke kiri untuk mengubah tempo lagu menjadi cepat / lambat.

3

  • CH-1 / CH-2, Merupakan pengaturan volume masing masing deck dimana CH1 untuk volume pada deck 1 dan CH 2 untuk volume pada deck 2.
  • CLUE, berguna sebagai penanda agar lebih mudah mengetahui posisi mana yang harus di putar di bagian lagu tersebut. (klik kiri untuk menambah clue dan klik kanan untuk menghapus clue).
  • CROSSFADER (adadi bawah tulisan zanard ), berguna untuk memfokuskan volume pada deck tertentu. Geser ke kiri untuk mengaktifkan suara hanya di deck 1 dan geser ke kanan untuk mengaktifkan volume hanya di deck 2. Posisi netral (tengah tengah) artinya kedua deck memiliki volume aktif.

4

  • Start Stop, untuk play dan pause lagu, bisa juga menggunakan [space] di keyboard.
  • Sync, berfungsi menyinkornkan atau menyesuaikan tempo dan bit antara lagu di deck 1 dan di deck 2.

5

  • Pada bagian bawah deck terdapat menu untuk memilih lagu dan memasukanya ke deck 1 dan 2.

6

  • Sampler, menyediakan efek efek yang bisa anda masukan ke dalam lagu, bisa di lihat sendiri efek efeknya sesuai dengan tulisan yang ada. Untuk mengaktifkanya bisa dengan klik biasa atau menggunakan keyboard dengan tombol Fungtion (F1, F2, F3 dan seterusnya.) mengaktifkan dengan keyboard sesuai nomor efek. Misalnya efek Explosion (no.3) maka tombolnya adalah F3 dan seterusnya.

7

  • Preference, di pengaturan ini anda bisa mengatur controler pada keyboard agar lebih mudah menggunakan panel panel yang tersedia. Bisa juga mengatus Audio output dan masih banyak lagi.

8

  • RECORD, Jika anda merasa sudah cukup menguasai dan ingin melakukan mix lagu serta merekam nya anda bisa menggunakan vitur recorder di virtualDJ. Ini akan otomatis merekam setiap aktivitas audio yang berjalan di virtualDJ saat anda melakukan mix-ing lagu.

Nah itu merupakan hal dasar yang anda perlu tau untuk melakukan mixing lagu sederhana. Cobalah menggunakan crossfader dan sync untuk awal awal mencoba.

Nah di bawah  ini saya sediakan hasil record saya sendiri saat remix lagu menggunakan panel dan sampler dasar semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Nah sekian dulu posting kali ini semoga bermanfaat bagi anda, sukses dalam percobaanya ya terimakasih 🙂

One thought on “Mengenal Panel-panel dasar VirtualDJ Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.