Mempercepat kinerja komputer dengan menambah virtual Memory

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

icon256Apa sih virtual memory itu ? Virtual memory adalah sebuah memory yang tidak nyata alias buatan dan pada sistem operasi linux kita kenal sebagai SWAP. Nah pada sistem operasi windows, virtual memory di ambil dari sebagian kecil kapasitas harddisk kita. Kemampuan harddisk untuk membaca data merupakan kemampuan yang juga dapat membantu kinerja RAM komputer anda. Pada dasarnya pemberian virtual memory dalam linux tergantung pada besarnya RAM anda. Misalkan jika ram komputer anda 1 GB maka swap / virtual memory yang harus diberikan adalah 2x nya. Berarti 2GB.

 

Nah fungsi dari virtual memory itu sendiri adalah membantu kinerja RAM dengan mengambil virtual memory dari harddisk dan di alihfungsikan sebagai memory. Dengan begitu maka kinerja RAM akan terbantu dan tentunya dapat mempercepat komputer anda.

Bagaimana menggunakan virtual memory di windows ? berikut langkah langkahnya :

 

>> Klik kanan My computer >> Properties

 

Maka akan muncul windows / system properties. Pada bagian kiri atas klik pada Advanced system setting.

 

 

Akan muncul jendela baru. Lalu pada perfomance pilih settings

 

 

Kembali akan muncul jendela baru, pilih tab advance >> pada virtual memory pilih change… (disitu terlihat pagging file atau total virtual memory nya 1GB / 1024 MB.)

 

 

hilangkan centang pada bagian atas, lalu pada setiap drive / partisi harddisk pilih system managed size (biar lebih mudah) atau bisa set sendiri berapa kapasitas harddisk yang di ambil sebagai virtual memeory (custom size).

Lalu jangan lupa Set dan OK.

Setelah itu komputer akan meminta untuk restart agar konfigurasi tersebut bisa di gunakan. Nah setelah selesai restart coba kembali di lihat virtual memory nya yang semula hanya 1024 MB kini bertambah sekitar 2.5 GB – 3.0 GB.

 

Nah itu dia caranya, mungkin pada penggunaan standart tidak akan terasa bedanya, tapi bagi pengguna PC yang lemot (seperti saya) akan sangat terasa bedanya. Kinerja PC akan bertambah sekitar 25 – 40 % (max 50 %)

NB : membuat virtual memory akan mengurangi kapasitas harddisk, jika anda mengatur virtual memory sebanyak 2GB dalam satu partisi, maka kapasitas partisi harddisk tersebut tentunya akan berkurang 2GB.

Nah sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Artikel lainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

T-NEWS

T-NEWS

Partner blog yang membahas tentang berita teknologi bersifat timeless.

Recent Posts

Hosting Murah Banyak Bonusnya!

Indowebsite adalah penyedia layanan hosting terpercaya dengan pilihan paket hosting untuk semua kebutuhan Anda.

asalbongkar@gmail.com

asalbongkar

asalbongkar.com | copyright © 2020