Penyebab dan cara mengatasi Komputer yang mati secara tiba-tiba

Hai gan, kali ini admin akan memberikan tips cara troubleshooting komputer yang tiba tiba mati sendiri. Mulai dari penyebab hingga berbagai macam solusi yang bisa kita terapkan untuk mengatasinya mulai dari masalah kecil yang hanya membutuhkan penanganan ringan hingga ke masalah kompleks yang mungkin membutuhkan biaya.

Oke yang pertama akan admin jelaskan beberapa penyebab dan solusi yang mungkin bisa membantu, berikut selengkapnya :

  • Power Source (Sumber listrik)

Kalo agan mengalami permasalahan komputer tiba tiba mati untuk yang pertama kali nya, langkah inilah yang wajib agan cek terlebih dahulu. Karna kalau sumber listrik tiba tiba hilang maka sudah di pastikan komputer akan mati. Cobalah untuk cek kabel power PSU karna ini merupakan sumber listrik utama komputer.

  • Kabel Monitor

Yang kedua adalah agan bisa cek kabel power ke monitor. Ada dua kabel yang terhubung ke monitor yaitu kabel power itu sendiri, dan kabel VGA atau sejenisnya dimana kabel ini yang bisa menampilkan visual dari komputer. Pastikan kedua kabel tersebut tertancap dengan benar. Indikasi ini bisa dilihat kalau posisi monitor mati namun lampu di komputer menyala.

  • Power Options di Windows

Kalau agan mengalami hal ini beberapa kali dan jangka waktuya sama sekitar beberapa menit sekali selalu mati, maka agan bisa cek power options yang ada di Control Panel di Windows. Bisa agan cek di Windows Start – Control Panel – Power Options – Change Plan Setting. Nah disitu bisa agan cek terdapat keterangan berikut ini :

Bagi yang belum mengerti, Dengan konfigurasi di atas windows akan otomatis menonaktifkan layar komputer dalam 5 menit sekali dan akan mengaktifkan mode sleep saat komputer tidak di gunakan selama 30 Menit. (Berlaku untuk pengguna laptop juga yang memiliki masalah yang sama). Jika memang agan tidak membutuhkan vitur ini, agan bisa memilih “Never” di kedua pilihan.

 

  • Kestabilan Tegangan Listrik

Nah kalo untuk kategori ini berdasarkan pengalaman saya di tempat kerja. Kondisi Listrik yang kurang stabil atau naik turun juga bisa menjadi pemicu komputer turun performa atau bahkan mati secara tiba tiba. Hal ini terjadi karna Power Supply tidak memiliki cukup daya untuk menghidupi komponen komputer yang ada di dalam sehingga saat listrik down komputer akan lag dan bisa saja mati secara tiba tiba.

Jika agan tidak bisa memastikan kestabilan listrik di rumah, admin sarankan gunakan Stavolt dan ikutkan sumber listrik komputer dari stavolt karna alat ini bisa menyetabilkan arus listrik dengan sangat baik. Sekedar info, Standard Full set komputer sekarang sudah include UPS dan Stavolt dimana kedua alat ini bisa meminimalisir kejadian Los Power sehingga bisa memelihara kesehatan perangkat komputer agan.

 

  • CPU Overload

Nah untuk permasalahan ini perlu diagnosa yang lebih dalam. Jika agan sering mengalami komputer yang tiba tiba mati diiringi dengan LAG sebelum komputer mati agan perlu cek suhu komputer agan terutama Processor. Kejadian ini pernah saya alami di komputer teman dimana proses yang dijalankan di komputer terlalu berat sehingga CPU pada posisi over dan semakin lama semakin panas. Ini sangat memungkinkan komputer untuk tiba tiba mati karna pada dasarnya CPU yang memiliki terlalu banyak beban dan akhirnya suhu mencapai maksimal maka komputer akan secara otomatis mematikan daya. Ini dimaksudkan agar processor tetap aman dan menghindari suhu tinggi yang bisa merusak processor itu sendiri atau bahkan perangkat yang lain yang ada di komputer.

Sekedar tambahan saja, agan bisa memonitor aktivitas beserta suhu dari CPU, RAM dan HDD dari task manager atau bisa memakai software pihak ketiga seperti CPU-Z atau Aida64. Dengan begitu agan bisa mendiagnosa dan bisa mencegah kejadian CPU overload.

 

  • PSU Overload

Nah lain lagi untuk yang ini, jika tadi CPU yang overload, PSU juga bisa saja overload karna terlalu banyak beban. Penyebab utamanya adalah ada berapa banyak perangkat yang dialiri listrik dari PSU. Jika terlalu banyak dan PSU memiliki daya yang terbatas sudah dipastikan PSU akan overload. Kita ambil contoh agan memiliki komputer dengan PSU 450 Watt. Namun agan memiliki RAM 2 x 8GB dan VGA Card degan arsitektur 128 bit yang memerlukan daya power langsung dari PSU, plus HDD 2 TB dan CD-Room Active, sudah bisa di bayangkan berapa banyak konsumsi daya yang di habiskan dan tentu saja dengan 450 Watt tidak akan mampu memberi cukup daya.

Nah disini agan harus paham betul dengan spesifikasi komputer agan. Sehingga bisa menentukan berapa Watt PSU yang bisa gan gunakan untuk memenuhi kebutuhan perangkan yang ada di dalam kompi agan.

 

  • Tiba-tiba mati karna Bluescreen

Oke kali ini masalah yang sedikit rumit, dimana kejadian komputer yang mati karna bluescreen. Bluescreen sendiri memiliki banyak penyebab, termasuk CPU overload, kesalahan komunikasi atar perangkat baik secara fisik ataupun program. Jika bluescreen hanya terjadi sekali saja mungkin itu kesalahan yang tidak disengaja dari komputer itu sendiri, namun jika bluescreen terjadi seiring pemakaian komputer dan berturut turut maka perlu di cek lagi kondisi hardware komputer agan.

Jika agan baru menambah hardware pada komputer agan dan terjadi bluescreen setelah pemakaian beberapa lama, kemungkinan hardware baru tersebut menjadi penyebabnya. Cobalah untuk melepas hardware tersebut kembali dan gunakan komputer agan seperti biasa, apakah bluescreen masih terjadi.

Diagnosa lain bisa kita terapkan dengan melihat error code yang di tampilkan saat bluescreen. Jika agan teliti kembali, terdapat kode yang menampilkan hardware error, berikut contohnya :

Jika sudah di dapat error codenya, tinggal di search di google penyebabnya apa. Atau jika tidak sempat liat error code nya saat bluescreen, agan bisa masuk ke Event Viewer dan melihat windows log. Disitu tertera log windows termasuk critical error karna bluescreen. Berikut contohnya :

Agan tinggal cari error code nya dan search di google. Semua senang hhehe.

Nah itu dia beberapa penyebab dari komputer yang tiba tiba mati sendiri. Semoga agan bisa terbantu masalahnya setelah selesai mebaca artikel ini. Untuk diagnose yang rumit seperti bluescreen atau yang lain, jika memang agan tidak mengerti permaslahan nya agan bisa leave comment di bawah ini, admin akan senantiasa membantu agan memberi solusinya.

Oke sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi agan semua. Thanks for visit, jangan lupa share 🙂