Tips Memunculkan Notifikasi Atau Alarm Ketika Baterai Penuh Pada Windows 10

Sudah menjadi sebuah kewajiban utama bagi pengguna laptop untuk dapat memastikan kondisi baterai pada laptopnya tetap optimal serta selalu menjaga kesehatan baterai laptopnya karna perangkat inilah yang menjadi sumber tenaga utama untuk laptop sebagai alat komputasi portabel. Salah satunya adalah selalu memastikan baterai berada dalam kapasitas yang aman, artinya tidak membiarkan daya baterai pada persentase yang kecil atau bahkan sampai membuat laptop itu sendiri tiba-tiba mati karna baterai kehabisan daya. Serta tidak membiarkan laptop dalam keadaan charging dalam waktu yang cukup lama meskipun posisi baterai sudah terisi penuh.

Selain hal umum semacam ini menjadi concern untuk banyak pengguna, sistem operasi yang berjalan pada laptop tersebut juga memiliki peran penting untuk sama-sama menjaga kondisi baterai agar tetap optimal. Terlepas dari sistem operasi apa yang digunakan, ketika laptop dalam kondisi menggunakan daya dari baterai, OS diharuskan memiliki fitur untuk menampilkan presentasi baterai secara detail demi menghindari kehabisan daya ketika masih digunakan.

Selain itu, peran hardware juga penting untuk memberikan indikator dari setiap proses yang dilakukan oleh perangkat penting yang ada, seperti jaringan, penyimpanan serta tak terkecuali baterai. Nah jika dilihat secara singkat, sistem operasi yang umum digunakan seperti Windows, sudah sejak lama memiliki fitur indikator persentase baterai ini pada system tray, selain itu, pada sisi hardware, manufaktur laptop juga menyediakan indikator berupa lampu led dengan kondisi yang berbeda-beda tiap perangkat dalam mengisyaratkan kondisi baterai.

Namun seperti yang diketahui, pada sistem operasi Windows, tidak terdapat konfigurasi untuk bisa menampilkan notifikasi ketika baterai sudah dalam kondisi penuh, melainkan hanya menampilkan notifikasi ketika kondisi baterai sedang low. Sedangkan untuk memastikan bahwa kondisi baterai sudah terisi penuh, biasanya kita melihat dari status lampu led yang ada pada laptop tersebut, tanpa terbantu oleh Windows untuk bisa memberikan informasi ini.

Nah disini saya akan memberikan beberapa solusi untuk agan agar supaya Windows dapat memberikan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, ataupun ketika baterai dalam kondisi low dengan notifikasi yang dapat di custom sendiri.

Side note : Sebelumnya perlu diketahui bahwa untuk beberapa manufaktur laptop seperti Asus, HP, dan Lenovo bisa saja memiliki software bawaan yang mana memiliki fungsi yang sama atau mungkin lebih lengkap, jadi sebelum mencoba menggunakan tutorial pada artikel ini, silahkan agan coba cek di situs resmi brand laptop agan untuk mencari software tersebut, biasanya ada di halaman support untuk Driver & Software.

Nah langsung saja, untuk solusi pertama adalah menggunakan aplikasi di Windows Store (Windows 10).

Kehadiran Windows Store bukan menjadi sesuatu yang hadir untuk memperkeren Windows 10 saja agar bisa menjadi seperti Apple App Store, namun di dalamnya juga sebenarnya terdapat banyak sekali aplikasi yang berguna jika dicari lebih detail. Termasuk dua aplikasi berikut ini, yaitu Battery X dan Battery Alarm Free.

Kedua aplikasi ini memiliki fitur utama yang sama,  yaitu memberikan notifikasi Ketika baterai laptop sudah terisi secara penuh ataupun Ketika proses pengisian sudah sampai pada persentase tertentu. Selain itu, kedua aplikasi ini sangat lah ringan dan tidak membebani sistem sama sekali. Agan bisa memilih salah satu dari kedua aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

Battery Alarm Free merupakan aplikasi yang berfokus hanya untuk memberikan notifikasi untuk setiap level presentase  baterai yang sudah ditentukan. Oleh karna itu fitur yang disediakan tidak banyak. Namun oleh karnanya aplikasi ini sangat kecil dan ringan.

Berbeda dengan Battery X yang tak hanya memberikan fitur notifikasi, aplikasi ini juga memiliki beragam fitur statistik yang dengan lengkap menyediakan informasi tentang penggunaan baterai dan charger dengan bentuk grafik yang informatif. Selain itu juga terdapat tambahan fitur menarik seperti dark theme dan live tiles membuat aplikasi ini cukup worth it untuk dingunakan.

Nah untuk mendapatkan kedua aplikasi diatas bisa langsung di download di Windows Store secara langsung atau bisa melewati link dibawah ini :

Nah untuk agan yang belum upgrade ke Windows 10, tentu saja tidak bisa menggunakan kedua aplikasi di atas, sehingga disini admin sediakan pilihan ketiga yaitu menggunakan custom script yang nantinya akan memunculkan pop up windows ketia baterai laptop sudah mencapai level tertentu saat charging. Tampilan pop up windows nya kurang lebih seperti ini :

Nah untuk mendapatkanya agan cukup download script nya pada link di bawah. Lalu ekstrak file .vbs nya ke direktori yang agan tentukan.

  • Battery-Full-Notification Script.zip | Download

Setelah itu, masukan script ini ke dalam system startup agar ketika laptop dinyakan script juga akan otomatis berjalan. Caranya adalah dengan menekan Windows + R – ketikan “shell:startup” lalu enter.

Lalu disini ada dua pilihan, agan menempatkan script ini secara langsung di folder startup tersebut dengan cara drag drop dari lokasi dimana agan mengekstrak file tadi ke folder startup tersebut, atau hanya membuat shortcut nya saja dari lokasi aslinya, dengan cara drag drop file tersebut menggunakan klik kanan, nanti akan muncul pilihan seperti ini, silahkan pilih untuk dicopy, move, ataupun create shortcut sama saja, asalkan ketika memilih untuk create shortcut, jangan sampai file aslinya terhapus.

Jika sudah, maka silahkan restart windows terlebih dulu agar script bisa berjalan.

Perlu diketahui bahwa script ini berjalan di background, artinya tidak berbentuk aplikasi yang dapat dibuka dan di setting. Nah untuk mengkonfigurasi pesan pop up yang muncul serta berapa tingkatan persentase baterai yang diinginkan agar pesan pop up ini muncul, cukup dengan klik kanan pada script tersebut lalu pilih ‘edit’ atau ‘edit with notepad’ .

Nah untuk lebih detail cara settingnya bisa dilihat di gambar berikut ini :

  • Pada “(iPercent > 98)” angka 98 dapat diganti dengan angka lain sesuai keinginan.
  • Pada msgbox ” Battery is Fully Charged” bisa diganti dengan kata-kata lain sesuai keinginan juga.

Jika sudah selesai edit, maka silahkan restart lagi windows nya untuk menjalankan ulang script nya. Tunggu hingga baterai mencapai presentase yang sudah di tentukan, maka pop up windows akan otomatis muncul.

Nah itu tadi 3 aplikasi yang akan membantu agan mendapatkan notifikasi pada baterai laptop agan. Akan cukup membantu untuk para pengguna yang sibuk dengan pekerjaannya di laptop tersebut tanpa bisa melihat kondisi baterai sedang low ataupun sudah penuh, sehingga notifikasi akan cukup membantu.

Oke mungkin sekian dulu untuk artikel tutorial kali ini. Semoga artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa share 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.