Cara Membuat USB Multiboot Menggunakan Ventoy [UEFI+Legacy]

Hallo agan-agan semua,pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara melakukan membuat USB Bootable dengan lebih dari satu sitem oprasi (Multiboot). Biasanya Multiboot sangat membantu untuk proses instalasi sistem oprasi yang berbeda sesuai kebutuhan. Contohnya seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, Linux ataupun media recovery.

Dengan menggunakan sistem Multiboot kita bisa menyertakan berbagai macam sistem oprasi tersebut dalam satu USB. Sebenarnya ada banyak pilihan Software diluar sana yang bisa di gunakan untuk membuat USB Multiboot.

Tapi kali ini kita akan menggunakan Software Ventoy sebagai media pembuat Multiboot. Kenapa saya memilih Ventoy? karena Ventoy adalah Software free open Source dan vitur utama yang paling penting adalah mampu dijalankan dengan konfigurasi BIOS UEFI ataupun Legacy.

Seperti yang kita tau sistem UEFI banyak digunakan pada perangkat Motherboad yang lebih moedern sedangkan untuk sistem Legacy digunakan pada perangkat Motherboad yang lebih lama.

Nah langsung saja untuk proses pembuatan Multibood nya bisa download terlebih dahulu software Ventoy nya melalui situs resminya atau bisa menggunakan link dibawah ini.

Download :

Official Site : Visit here

Dirrect : Download here

jika sudah mendownload software nya silahkan di ekstrak terlebih dahulu. jangan lupa siapkan USB (flasdisk/SDcard) yang siap untuk di format.

tancapkan USB pada komputer lalu jalankan aplikasi Ventoy. setelah aplikasi terbuka, pada menu ‘Device’ pastikan USB terdeteksi. setelah itu tinggal pilih ‘install’.

akan muncul beberapa peringatan saat proses instalasi untuk format data. silahkan pilih yes saja.

setelah proses instalasi berhasil akan muncul keterangan versi Ventoy yang terinstal pada USB.

setelah itu silahkan Close aplikasi. pada langkah ini proses instalasi sudah selesai,selanjutnya tinggal melakukan copy/paste file berupa .ISO kedalam USB yang telah terinstal Ventoy tadi. sebagai contoh disini saya sudah men-copy beberapa file ISO installer windows 7 dan 10, Linux Mint, dan recovery OS.

jika dirasa sudah siap silahkan dicoba untuk booting melalui USB tersebut. jika berhasil, maka tampilan awal saat booting adalah seperti berikut.

Nah, gimana sangat mudah bukan? jangan lupa untuk memilih file ISO sesuai kebutuhan dan kapasitas USB kalian.

Oke sampai disini dulu postingan kali ini, terima kasih sudah menyempatkan untuk berkunjung. apabila dari agan mengalami kesulitan saat proses download ataupun instalasi bisa meninggalkan komentar dibawah.