Tutorial Upgrade Windows 11 CPU Unsupported

Geram dan kesal ketika tahu kalau perangkat kamu tidak support Windows 11? Padahal perangkat yang kamu miliki tergolong baru?, hal yang sama dialami banyak sekali pengguna Windows lain termasuk saya sendiri.

Menurut saya keputusan Microsoft meningkatkan kebutuhan spesifikasi ini terlalu tinggi dan akan sangat berdampak bagi pengguna Windows yang memiki keterbatasan spesifikasi perangkat.

Namun meski begitu, saya masih bisa melakukan upgrade ke Windows 11 dengan lancar setelah menggunakan beberapa cara yang disediakan di internet, dan kali ini akan saya bagikan cara tersebut pada artikel kali ini.

Unsuported CPU

Notifikasi inilah yang saya alami pada komputer, dimana setelah baca-baca di internet dan melihat dokumentasi yang disediakan di situs Microsoft, tidak ada langkah aman untuk upgrade selain mengganti perangkat (CPU) dengan yang lebih baru, yang mana tidak mungkin saya lakukan hanya untuk sekedar bisa menggunakan Windows 11 secara official.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah informasi yang saya dapat dari aplikasi PC Health Check.

Aplikasi ini membantu kita tahu apakah komputer kita bisa menjalankan Windows 11 atau tidak, dan bisa dilihat bahwa TPM dan Secure Boot sudah memenuhi namun CPU tidak mendukung, sangat sangat disayangkan.

Langkah Bypass yang resmi disediakan Microsoft

Cara ini saya temukan beberapa waktu lalu pada situs The Verge, dan benar saja, Microsoft memberikan langkah bypass untuk pengguna Windows yang ingin upgrade ke Windows 11 namun tidak memiliki spesifikasi mendukung, dalam hal ini CPU ataupun modul TPM. (Masih harus ada fitur Secure-boot).

Microsoft.com : Install Windows 11 on Unsuported CPU

Saya pikir karna ini adalah langkah bypass yang disediakan oleh Microsoft sendiri, maka tidak ada salahnya untuk dicoba, dan berhasil. Berikut ini adalah detail langkah-langkah upgrade nya.

Persiapan Upgrade :

  • ISO Windows 11 Full : Untuk bisa melakukan upgrade, kita harus menyediakan ISO image dari Windows 11 itu sendiri, karna tidak akan bisa melakukan upgade secara online.
  • Backup Data : Untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan saat proses upgrade, akan lebih baik untuk melakukan backup file pada partisi C: (Windows) seperti My Document, Download, Picture, Video dll.
  • Take your own risk!!

Proses Upgrade

Jika dirasa sudah siap untuk melakukan upgrade, maka langsung saja menuju proses-nya, langkahnya sangat simpel dan mudah.

  • Masuk ke Windows 10, lalu tekan tombol Windows + R untuk membuka program Run.
  • Ketik ‘regedit’ lalu enter untuk membuka Registry Editor.
  •  Setelah Registry Editor terbuka, navigasikan ke folder berikut : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup\MoSetup\
  • Jika tidak terdapat folder ‘MoSetup’, maka bisa membuat foldernya sendiri secara manual dengan cara klik kanan pada folder Setup > New > Key
  • Berikan nama ‘MoSetup’ lalu enter.
  • Jika sudah tersedia folder ‘MoSetup’ nya, maka masuk ke folder tersebut dan pada halaman yang kosong di bagian kanan, silahkan klik kanan > New > DWORD (32-Bit) Value
  • Berikan nama ‘AllowUpgradesWithUnsupportedTPMOrCPU’.
  • Jika value sudah terbuat, klik kanan pada value tersebut lalu klik Modify.
  • Ubah value data dari 0 menjadi 1.
  • Hasil akhirnya akan seperti ini :
  • Jika sudah maka bisa di close untuk Registry Editor nya.
  • Reboot PC/Komputer [optional].
  • Selesai reboot kita akan memulai proses upgrade menggunakan ISO Windows 11 yang sudah disiapkan tadi.
  • Klik kanan pada ISO Windows 11, pilih Mount
  • Setelah mounting, akan terlihat muncul virtual drive seperti dibawah ini pada This PC.
  • Double Klik pada virtual drive tersebut untuk langsung memulai proses upgrade. Atau jika double klik tidak berjalan, masuk ke virtual drive lalu klik pada Setup.exe
  • Akan muncul jendela baru untuk memulai proses Upgrade. Silahkan diikuti saja untuk langkah-langkahnya.
  • Nah pada menu ini akan dijelaskan tentang apa saja risiko yang mungkin saja bisa terjadi kedepannya jika kita ingin melakukan upgrade ke Windows 11 dengan spesifikasi yang tidak sesuai atau tidak memenuhi. Silahkan dibaca dan direnungkan dulu baik baik dan apabila tidak paham bisa dicoba untuk google translate, karna keputusan ini akan sangat penting untuk kenyamanan kita menggunakan Windows kedepannya.
WARNING!

Note : Saya pribadi setelah membaca notifikasi tersebut langsung mengurungkan niat untuk upgrade dan memilih untuk stay di Windows 10 sedikit lebih lama untuk melihat situasi dan kondisi. Jika sudah dirasa aman untuk upgrade maka akan saya lakukan.

Namun jika dari agan sendiri ingin lanjut maka langsung pilih ‘Accept’ saja dan lanjutkan ke proses instalasi.

  • Tunggu hingga proses upgrade selesai. Mungkin akan membutuhkan beberapa kali restart secara otomatis jadi ditunggu saja. Prosesnya cukup lama tergantung spesifikasi juga.
  • Jika proses upgrade berjalan dengan lancar maka otomatis akan masuk ke desktop utama Windows 11 tanpa kendala.
  • Done, Enjoy.

Keseluruhan proses Upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 tidak akan menghapus file personal ataupun program-program yang terinstall namun untuk berjaga jaga saja agar selalu mem-backup file sebelum melakukan instalasi atau upgrade.

Jika langkah diatas tidak berhasil, maka bisa melakukan langkah ke-2 yaitu clean install (install ulang), terutama untuk perangkat yang tidak memiliki fitur SecureBoot atau modul TPM. Untuk langkah-langkahnya bisa menuju artikel saya yang lain berikut ini.

Clean Install Windows 11 Bypass TPM SecureBoot

Oke mungkin sekian dulu untuk artikel kali ini. Jika masih bingung memutuskan untuk upgrade atau tidak maka sebaiknya di tahan terlebih dahulu dan mencari lebih banyak informasi. Saya pribadi tidak akan upgrade ke Windows 11 sampai setidaknya 6 – 12 bulan kedepan setelah banyak informasi tersedia di internet.

Sementara itu saya akan menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama. Sejauh ini tidak ada banyak kendala dan mulai menyukai pengalaman menggunakan linux. Disisi lain, untuk agan yang optimis melakukan proses upgrade semoga bisa berjalan dengan lancar.

Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika mengalami kesulitan saat proses upgrade atau instalasi, siapa tahu saya atau pembaca lain bisa membantu. Untuk sekarang sekian dulu, terimakasih sudah berkunjung.